RADAR MALANG
Only One, Number One with Bpk. Kurniawan Muhammad
Fungsi Bisnis @Radar Malang
HISTORY
Keberadaan radar malang tidak lepas dari keberadaan Jawa Pos Biro Malang. Jawa Pos Boro Malang ada sejak 1980-an. Tahun 1999 menjelang diberlakukannya otonomi daerah di Indonesia, sehingga Pak Dahlan mempunya gagasan membuat 7 radar di jawa timur. Pada tahun 2000 otonomi benar-benar diterapkan. 7 radar ada di Malang, Kediri, Jember, Bromo, Madiun, Bali, Madura, Banyuwangi, Surabaya, Tulungagung, Mojokerto, Jombang.
Radar malang merupakan naungan dari jawa pos. Jawa pos sebagai perusahaan induk yang mempunyai berbagai macam anak induk dengan berbagai jenis.
Bisnis koran adalah bisnis yang khas, bagaimana caranya koran bisa hidup terus. Dan koran mempunyai 2 sisi yaitu, idealis seperti news dan bisnis seperti iklan.news itu sendiri untuk kepentingan publik dan keinginan publik, sedangkan iklan untuk kepentingan dan keinginan klien. Dan jika dipresentasi, kepentingan odealis harus lebih besar dari bisnis karena koran harus tetap hidup tetapi tidak bisa hanya mengandalkan penjualan tetapi juga tetap lewat bisnis. Mengapa ada kepentingan bisnis? Karena koran adalah media industry. Sisi produk koran bisa dianggap sebagai barang serta sebagai jasa.
Tantangan bisnis koran :
1. Gempuran online, media sosial dan media elektronik
2. Life style yang berubah
3. Perubahan demografis
What did radar malang do?
1. Strategi Konten
2. Membuat online berbasis print #www.radarmalang.id
3. Strategi dekat dengan pembaca/ masyarakat
4. Menggaet minat pembaca muda
5. Menggaet komunitas, keluarga, perempuan
6. Harus selalu berada dalam "alam bawah sadar" pembaca/ masyarakat
Divisi radar malang :
1. Redaksi
2. Iklan
3. Koran, event dan pengembang bisnis
4. Keuangan
5. HRD dan Umum
0 komentar:
Posting Komentar